LEBIH BAIK MANA NGEROKOK ATAU NYIMENG (SEBUTAN UNTUK SEORANG YANG MEROKOK GANJA)

Ya… judul yang aneh dan sepertinya sebuah pertanyaan bodoh, bahkan anak kecil pun tahu jawabannya kalo ngerokok itu lebih baik ketimbang nyimeng or ngeganja. Tetapi  inilah yang membuat saya penasaran.


dedekuya.blogspot.comLatar belakang : inspirasi saya, mengapa  menanyakan hal ini?
Berawal dari sebuah rekaman stand up comedy panji, yang didalamnya menyinggung perbedaan antara me-nyimeng dengan merokok .  memang di dalam nya dibawakan sebuah komedi yang isinya hanya gurauan belaka, meskipun demikian ada beberapa kata panji yang membuat saya tertarik yaitu, jika saya narasikan ulang, kira-kira seperti demikian:

“…kata BNN ngeganja menyebabkan orang mengalami penurunan fungsi otak dan kesehatan yang nantinya dapat mengakibatkan orang itu lemot(nge-fly) dan gampang melakukan tindak kejahatan, lha terus apa bedanya ngerokok juga buat saraf otak rusak dan bikin orang lemot(nge-fly) terus kalo….”

terus yang membuat saya tambah penasaran adalah hal yang panji bilang ini, seperti yang di bawah ini

“…tahu ga kenapa ganja (tumbuhan marijuana) itu di ilegalkan? Karena pada abad 19 (tahun 1800-an) petani kapas amerika serikat merugi akibat tersaingi petani marijuana. Hal ini karena serat marijuana lebih bagus untuk dibuat menjadi paakaian daripada serat kapas. Nah karena amerika serikat ingin melindungi ekonominya dan petani kapasnya makanya ganja diilegalkan sampai sekarang….”

Oleh karena informasi yang demikian, saya berminat untuk menggali lebih mendalam masaah rokok dan marijuana. Sebelum memutuskan mana yang lebih baik antara rokok dan marijuana.

Pembahasan Masalah: rokok vs cimeng; tembakau vs marijuana

Yea ini yang lebih seru dimana akan kita bandingkan apa sih manfaatnya ngerokok dan ngeganja. Terus kalo itu buruk manfaat apa sih yang bisa didapat dari tumbuhan yang menghasilkan rokok dan cimeng(ganja) agar petani tembakau dan marijuana tidak merugi dan tetap bertahan? Nah itu yang saya angkat, tentunya dengan artikel ringan seperti obrolan warung kopi………………………………………………………

Lebih asik kita awali dengan manfaat rokok dulu nih,
apa sih manfaat rokok? Emang ada manfaatnya ya?

Dari beberapa orang yang saya tanya dan amati mengapa anda merokok dan keuntungan anda merokok. Mereka mempunyai jawaban bervariasi, ada yang menjawab “sebenernya ga ada manfaatnya ngerokok, karena udah kecanduan aja. Jadi kalo ga ngerokok rasanya ga enak di mulut asem, ga semangat. Ya jadinya mau gimana lagi ya harus ngerokok lah…” terus ada pula yang menjawab “wah ngerokok itu udah merupakan suatu kebutuhan pokok mas, kaya makan nasi. Kalo ngerokok rasanya itu saya terbebas dari beban hidup dan pikiran jadi lebih tenang. Apalagi kalo mau kerja, wah harus ngerokok dulu itu, kalo ga ngerokok ga kuat kerja…”. Dari sudut pandang ini dapat dikatakan bahwa merokok itu bermanfaat, dan berfungsi sebagai stimulant pikiran sehingga kinerja dan produktivitas terjaga? Eits… tapi tunggu dulu benarkah rokok hanya menawarkan madu belaka tanpa ada sengat yang mematikan? Nah oleh karena itu saya berusaha mengumpulkan data tentang racun rokok dan bahaya merokok, berikut saya sampaikan:

  • Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.
  • Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.
  • Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.
  • Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.
  • Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.

Nah lho, rupanya manfaat rokok itu tidak sebanding dengan dampak rokok, terlebih rokok bukan memberikan kesenangan sejati hanya ilusi yang seakan-akan itu nyata padahal freak, palsu dan dusta belaka. Dari sini bisa disimpulkan bahwa merokok itu ibarat orang yang membeli emas dengan harga mahal tetapi tidak sadar bahwa itu hanyalah sebuah kotoran yang berwarna sama dengan emas, intinya manfaat yang diterima itu palsu dan merugikan tetapi dampak yang diterima itu nyata dan sangat merugikan.

Masalah kedua, terus apa sih manfaat ngnyimeng dan ngapain pula orang mau ngenyimeng atau ngeganja?

Berhubung saya belum pernah bertanya kepada seorang yang tukang ngeganja, maka dari itu saya gunakan opini publik untuk menyatakan mengapa orang ngenyimeng….
Biasa orang yang suka melakukan perbuatan terpu tjih… ini karena orang tersebut sudah kecanduan ganja, dan banyak korban ganja yang sudah sembuh bilang bahwa ganja itu membuat pikiran kita bebas dan melayang, masalah/beban hilang, dan merasakan rasa tidak bersalah jika mau melakukan segala sesuatu. Yah bisa dibilang dalam hal ini Bang Panji, berkata benar bahwa rokok dan ganja itu sama aja, sama-sama bikin lemot dan nge-fly. Nah itu baru opini publik, terus bagaimana pendapat para pakar dan ahli ya? Dari harian online okezone, saya simpulkan atau ebih tepatnya paparkan seperti di bawah ini:

  • Ganja mengandung bahan aktif yang disebut delta-9-tetrahydrocannabinol (THC), zat psikoaktif yang sangat kuat. Hal ini bertanggung jawab atas potensi dan efek keracunan. Penurunan memori jangka pendek di beberapa pengguna adalah salah satu efek dari mengkonsumsi ganja.
  • Efek lainnya, antara lain auditory atau halusinasi visual, amnesia, peningkatan nafsu makan, peningkatan atau penurunan kenikmatan seksual, peningkatan sensasi, memvariasikan tingkat euforia, mulai dari perasaan kesejahteraan umum dengan efek tawa panjang, mulut kering sementara, serta memvariasikan jumlah paranoia dan kecemasan di beberapa pengguna.
  • Terbukti bahwa orang yang merokok ganja secara teratur mungkin memiliki banyak masalah pernapasan dibandingkan dengan perokok tembakau, demikian seperti yang dilansir Steadyhealth.Masalah-masalah ini termasuk batuk harian dan produksi dahak, lebih sering penyakit dada akut, peningkatan risiko infeksi paru-paru dan kecenderungan yang lebih besar terhadap saluran udara terhambat. Bahkan parahnya, agen penyebab kanker telah ditemukan dalam asap ganja daripada dalam asap tembakau.
  • Banyak pengguna muda yang mengatakan bahwa kecanduan ganja adalah hal yang tidak mungkin. Ini tentu saja tidak benar. Penggunaan ganja jangka panjang dapat menyebabkan kecanduan bagi sebagian orang, yang berarti bahwa mereka menggunakan obat kompulsif meskipun mengganggu keluarga mereka, sekolah, pekerjaan, dan kegiatan rekreasi.
  • Ketika seseorang secara kimiawi tergantung pada ganja, itu berarti bahwa ia harus menggunakan lebih dan lebih untuk mendapatkan efek yang sama. Gejala-gejala penarikan yang paling umum adalah: depresi, gangguan tidur dan mual.

Nah ganja emang lebih berbahaya ya daripada rokok, tetapi itu tidak menunjukkan bahwa rokok yang lebih baik. Sama saja cuman kalo ganja efeknya terang-terangan(cepat terlihat) kalo rokok seperti assassin (lama terlihat dampaknya tapi menggerogoti dari dalam).

Manfaat Tembakau

Nah kalau demikian berarti tembakau gak ada manfaatnya dong ya,,, terus gimana nasib petani tembakau dong?

Eits … kata siapa tembakau ga ada manfaatnya? justru tembakau itu tanaman yang sangat bermanfaat lho. Ibarat pisau itu memiliki dua sisi yaitu sisi tajam dan tumpul, yang tumpul tidak bermanfaat karena tidak bisa buat memotong daging, yang sisi tajam bermanfaat karena dari situlah tukang daging bisa melayani konsumennya. Nah kalau masih engga percaya Nih buktinya, langsung dari departemen pertanian:

1. Penghasil Protein Anti Kanker

Tanaman tembakau ternyata dapat menghasilkan protein anti-kanker yang berguna bagi penderita kanker. Untuk mendapatklan protein dimaksud dapat dibuat dengan cara memasukkan DNA dari tubuh manusia dimasukkan ke dalam DNA tanaman tembakau melalui bakteri, sehingga tanaman tembakau secara alami akan menghasilkan protein sesuai DNA yang dimasukkan berupa cairan protein yang bermanfaat sebagai anti kanker, misalnya kanker mulut rahim karena tembakau mengandung sumber protein yang dapat menstimulasi antibody terhadap human papilloma virus (HPV), yang menjadi penyebab kanker mulut rahim. Selain untuk protein antikanker dapat juga sebagai stimulasi perbanyakan sel tunas (stemcell) yang bisa dikembangkan untuk memulihkan jaringan fungsi tubuh yang sudah rusak.

2. Melepas gigitan lintah dan membunuh serangga

Manfaat tembakau, selain bisa diekstrak dan diambil bagian tertentu seperti nikotin yang digunakan di berbagai macam produk baik makanan maupun minuman, tembakau juga dapat gunakan untuk melepaskan gigitan lintah kalo lagi di dalam hutan, tembakau juga bisa digunakan untuk insektisida karena nikotin yang terkandung merupakan neurotoxin yang sangat ampuh untuk membunuh serangga.

3. Obat diabetes dan antibody.

Penggunaan tembakau yang dimodifikasi secara genetik untuk memproduksi obat diabetes dan kekebalan tubuh.

4. Anti radang

Tembakau transgenik dapat memproduksi interleukin-10 (IL-10), yang merupakan cytokine anti-radang yang ampuh. Cytokine adalah protein yang merangsang sel-sel kekebalan tubuh agar aktif. Kode genetik (DNA) yang mengode IL-10 ditanam dalam tembakau, lalu tembakau akan memproduksi protein yang bermanfaat sebagai anti radang, saelain itu dapat membantu mencegah kencing manis atau diabetes melitus tipe 1. Diabetes melitus tipe 1 atau diabetes anak-anak dicirikan dengan hilangnya sel beta penghasil insulin pada pankreas.

5. Obat HIV / AIDS

Tembakau dapat menghasilkan protein obat human immunodeficiency virus (HIV) penyebab AIDS, yang disebut griffithsin. HIV adalah virus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia. Bedanya, bukan tembakaunya yang menghasilkan protein, melainkan virus tembakaunya.

6. Pemelihara kesehatan ternak

Ekstrak tembakau (nikotin 1,68%) mempunyai potensi untuk membasmi cacing H. contortus. Sebagai akibatnya hasil pengobatan akan memberikan keuntungan bagi para pemelihara ternak, sebab kesehatan ternak tersebut makin baik.

7. Penghilang embun

Tembakau bisa juga digunakan untuk menghilangkan “embun” pada kaca dalam mobil pada waktu hujan dengan cara menggosokkan tembakau pada kaca tersebut.

8. Obat luka

Daun Nicotiana tabacum berkhasiat sebagai obat luka. Untuk obat luka dipakai ± 25 gram daun segar Nicotiana tabacum, dicuci dan ditumbuk sampai lumat. ditambah minyak tanah ± 25 ml diperas dan disaring. Hasil saringan dioleskan pada luka.

9. Sebagai Biofuel

Daun tembakau ternyata dapat meningkatkan kadar minyak nabati yang merupakan langkah awal dalam memanfaatkan tanaman ini untuk keperluan biofuel. Tembakau dapat menghasilkan biofuel lebih efisien daripada produk pertanian lainnya. Namun, sebagian besar minyaknya hanya terkandung di dalam biji/ benih tembakau (sekitar 40 persen minyak per berat kering). Meskipun kandungan minyak nabati biji tembakau telah diuji dan dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel, namun produksi biji tanaman tembakau masih sangat rendah, yakni sekitar 600 kg biji per hektar.

Manfaat Marijuana (ganja)

Nah ini nih, orang sering ga sadar betapa bermanfaatnya ganja itu. Meskipun ganja dipandang hina oleh kebanyakan masyarakat, tapi justru dari yang hina inilah timbul suatu manfaat. Untuk lebih lanjut mengenai manfaat ganja simak paparan dari oktomagazine di bawah ini ya:

“…Untuk Anda ketahui, ganja dibagi atas dua, yaitu hash dan hemp. Hash, atau hashish, merupakan jenis dari tanaman ganja yang diolah untuk dikonsumsi, seperti halnya rokok. Jenis inilah yang dapat menimbulkan euforia saat sang pengguna mengonsumsinya.

Sedangkan hemp tidak demikian. Jenis tanaman ganja ini dibudidayakan untuk penggunaan komersial. Di jaman sekarang, hemp bisa digunakan untuk keperluan industri, seperti kertas, tekstil, plastik biodegradable, konstruksi, makanan kesehatan, bahan bakar, dan tujuan medis. Serat dari hemp juga merupakan yang terbaik dalam industri tersebut.

Marijuana dengan jenis cannabis indica umumnya memiliki kandungan serat yang rendah dan diproduksi untuk obat-obatan. Cannabis indica inilah yang sering diproduksi juga untuk dikonsumsi sebagai ganja, atau hash.

Sedangkan cannabis sativa merupakan jenis tumbuhan yang berguna untuk berbagai keperluan industri yang sudah sering digunakan di kawasan Eropa. Jenis cannabis ini bisa diterima sebagai bahan produksi industri karena memiliki sedikit zat psikoaktif dan tidak menimbulkan efek fisik dan psikologis.

Hemp mengandung tetrahydrocannabinol (THC) di bawah 0,3%, sedangkan hash bisa mencapai 6-20%. Secara kedokteran, efek dari THC adalah sebagai penenang dan memperbanyak kerja otak secara bersamaan disertai dengan sensitifitas dan imajinasi tingkat tinggi. Sehingga hemp, yang semakin berkembang belakangan ini, tidak akan menyebabkan euforia seperti halnya mengonsumsi hash.

Karena serat hemp yang sangat baik untuk industri, negara-negara seperti Kanada, Perancis, dan Cina pun memanfaatkannya secara besar. Hemp mampu menghasilkan jenis pakaian kualitas tinggi, tali yang kuat, dan berbagai produk bernutrisi.

Minyak dari biji hemp dapat digunakan sebagai bahan pembuat cat minyak. Dari bahan yang berbasis krim dapat digunakan sebagai pelembab (moisturizing), untuk memasak, dan bahan plastik. Bijinya dapat dimakan mentah, ditumbuk menjadi makanan, dibuat menjadi susu, disajikan sebagai teh, dan lainnya.

Di dalam biji hemp (hemp seed) terkandung semua asam amino esensial dan asam lemak esensial yang diperlukan untuk daya tahan tubuh manusia. Beberapa perusahaan meningkatkan nilai tambah dengan memproduksi beberapa item biji hemp yang mencakup minyak biji, gandum hemp (yang disterilisasi sesuai standar), hemp seed dikuliti (biji tanpa isi), tepung hemp, kue hemp dan bubuk protein.

Hemp juga digunakan untuk sereal organik, untuk susu non-dairy, yang agak mirip dengan susu kedelai dan susu kacang, dan untuk es krim non-dairy. Kandungan asam amino pada hemp seed lebih baik dibandingkan dengan sumber protein yang lebih umum seperti daging, susu, telur dan kedelai.

Maka, hemp seed merupakan sumber kalsium dan zat besi yang memadai. Keluruhan dari hemp seed juga merupakan sumber yang baik untuk fosfor, magnesium, seng, tembaga, dan mangan. Hemp seed juga tidak mengandung gluten sehingga tidak akan memicu gejala penyakit celiac, yaitu sindrom malabsoprsi di mana usus tidak mampu menyerap nutrisi makanan.

Dengan begitu banyaknya manfaat dari hemp, yang berguna bagi manusia dan devisa negara dari bidang industri, apakah pemerintah terus membuat varian marijuana jenis ini tetap ilegal?”

Melihat hal tersebut, saya berandai-andai andaikan ganja jenis itu illegal, dan pemerintah mendukung penggunaan ganja untuk hal tersebut. Maka petani ganja di aceh tidak perlu takut untuk menanam ganja, dan dari sini kemakmuran rakyat dapat terwujud serta pendapatan Negara dapat meningkat dari komoditi ganja. Mengagumkan bukan?

Kesimpulan

Ternyata banyak sekali manfaat yang kita peroeh dari tembakau dan ganja jika penggunaannya untuk tujuan baik dan benar, bukan untuk menikmati makanan yang berwujud asap.

Dan saran penulis kepada yang masih merokok ya, kalau bisa berhenti merokoklah ya demi kebaikan diri sendiri dan bersama. Karena perokok itu rupanya tidak merugikan diri sendiri saja tetapi juga merugikan orang lain yang korbannya sering kita sebut perokok pasif. Dampak pada perokok pasif itu juga sama beratnya dengan perokok aktif, malahan perokok pasif lebih tersisa udah ga bisa nge-fly (nikmatin rokok) eh malah dapet apesnya doing. Oleh karena itu alangkah baiknya bila perokok berhenti merokok atau silahkan merokok tapi di tempat yang sepi sendirian tanpa ada orang di sekelilingnya.

Sumber:

http://parawira-smasa.blogspot.com/2009/05/efek-bahaya-asap-rokok-bagi-kesehatan.html

http://www.oktomagazine.com/oktolifestyle/health/5893/manfaat.terpendam.dari.marijuana

http://health.okezone.com/read/2012/11/19/486/720338/efek-konsumsi-ganja-yang-wajib-anda-tahu

http://cybex.deptan.go.id/penyuluhan/manfaat-tembakau-0

Perihal tiofansitungkir
seorang manusia yang lemah tak berdaya, tapi berbahaya.

2 Responses to LEBIH BAIK MANA NGEROKOK ATAU NYIMENG (SEBUTAN UNTUK SEORANG YANG MEROKOK GANJA)

  1. joyomaruto mengatakan:

    Gimana ya khusus sy pribadi,dimulai thun 1965 sdh merokok,tahun 1982 sampek skrg amit amit dulu ya namanya merokk bisa dibilang tdk berhenti kecuali tidur/ketiduran.Lingkungan sy ada yg tdk merkok tapi juga banyak yg merokok,dan semaraknya penyakit kencing manis yg terkena setahu sy semua yg tdk merokok,yg merokok SATU AJA TDK ADA dan bahkan sehat2 semua termasuk sy yg sdh tua ini tdk mengalami yg namanya sakit apa dan apa.mhn pemikiran krn ada dampak negatif juga ada pesotif.Trims

  2. @AndGanja mengatakan:

    dikit amat yg lu tau soal ganja min… ganja itu ada 3 jenis nya yaitu canabis sativa,canabis indica dan canabis ruderalis atau yg disebut hemp,memang yg bermanfaat industri adalah hemp/canabis ruderalis,tapi bukan berarti 2 jenis lainnya gak punya manfaat,jenis canabis lain nya lebih bermanfaat di bidang medis dan juga rekreasi,silakan cek di youtube dengan kata kunci medical marijuana atau bisa jg googling dgn kata kunci hemp fact , kalo masih gak percaya juga silakan tanya dokter syaraf @ryuhasan di twitter… dan perlu diingat pembunuh no.1 didunia adalah rokok dan kematian karna keracunan zat pada ganja itu NOL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: